Sabtu, 06 Oktober 2018

DEPATI AMIR MINING COMPETITION (DAMC) WUJUD NYATA DARI GAGAK HITAM





Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HIMATA UBB)  selenggarakan Depati Amir Mining Competition (DAMC) pada 1 – 6 oktober 2018 di Universitas bangka belitung.

DAMC sendiri merupakan  bagian dari kegiatan CCE (competition, conference, exbition) techno sciense yang diadakan perdana  oleh BEM KM Fakultas Teknik universitas bangka belitung

“DAMC merupakan kegiatan perdana yang diperembahkan oleh HIMATA UBB yang nantinya akan menjadi acara dwi tahunan guna menyatukan para mahasiwa nasional untuk bersaing di kompetisi dunia pertambangan. kompetisi ini terdiri dari 10 bidang yang mana pada setiap bidang mempunyai keterampilannya masing-masing” ujar benget harmoko manik selaku ketua pelaksana

kegiatan ini dilaksanakan pada 1 - 6 Oktober 2018 di universitas bangka belitung yang memperlombakan cabang  yaitu written test, rock and mineral identifications, bor bangka, swede sawing, bench blasting, bor bangka, tie in, hand mucking, mine surveying dan sluice box.

acara ini diikuti oleh 7 universitas yaitu universitas bangka belitung (UBB), universitas negeri padang (UNP), universitas syiah kuala (UNSYIAH) aceh, universitas muhammadiah tasikmalaya (UMTAS), Universitas Trisakti, Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) dan universitas jambi (UNJA).

kegiatan ini dimulai pada hari senin dengan pembukaan di gedung kwarda pangkal pinang yang menyuguhkan penampilan sanggar tari teknik pertambangan dan penayangan video pengenalan wisata di bangka belitung yang sanggup membuat para tamu undangan tak mengedipkan mata dan terus hanyut dalam suasana yang diciptakan oleh para penari dengan iringan musik yang sangat ciamik.

pada hari selasa DAMC melangsungkan kegiatan field trip di desa penangas yang memperlihatkan teknologi bucket whell dregre (BWD) dan kapal isap produksi (KIP) dalam kegiatan penambangan laut milik pt timah tbk.

sedangkan pada hari rabu dan kamis perlombaan baru dilaksanakan yang berlokasi di sekitaran lingkungan kampus universitas bangka belitung.

sedangkan untuk pengumuman lomba akan dilaksanakan pada hari jum'at sekaligus penutupan acara yang dilakukan di gedung kwarda pangkal pinang.

pada hari sabtu untuk melepas penat dan mengenalkan wisata yang ada di pulau bangka akan dilakukan kunjungan wisata ke pantai pasir padi dan bangka botanical garden (BBG) sebagai bentuk acara keakraban antara peserta dan panitia DAMC.

“DAMC ini adalah wujud dari penerapan nilai dari slogan kita yaitu gagak hitam yang dimana dengan kesatuan kita dan kebersamaan yang kita miliki membuat acara ini dapat terselenggara dan berjalan dengan sangat luar biasa seperti saat ini “ujar billy andriko selaku ketua himpunan teknik pertambangan.

“kegiatan ini adalah kegiatan perdana HIMATA UBB  dan diharapkan mahasiswa tambang dapat cerdas dalam intektual, tangguh di lapangan dan kreatif dalam pemikiran,” ujar janiar pitulima selaku kajur teknik pertambangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FIELD TRIP HIMATA SC - PERHAPI

  KEGIATAN FIELD TRIP PERHIMPUNAN AHLI PERTAMBANGAN INDONESIA (PERHAPI) UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG Gambar 1.1 Kapal Keruk 21 SINGKEP...