Selasa, 26 Maret 2019

Arak - Arakan wisudawan - wisudawati Jurusan Teknik Pertambangan


Pangkal Pinang - Mahasiswa jurusan teknik Pertambangan mengarak Wisudawan Jurusan teknik Pertambangan 2019  di hotel sol marina (26/03/2019).

Raut wajah kebahagiaan bermunculan pada setiap wajah mahasiswa jurusan teknik pertambangan UBB.  Pasalnya,  bertepatan pada hari ini 19 orang mahasiswa jurusan teknik pertambangan diwisuda.  sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun menurun bahwa setiap kali ada kegiatan  wisuda  maka mahasiswa akan mengarak  kakak tingkatnya  sebagai bentuk penghargaan dan rasa sayang adik tingkat pada kakak tingkatnya terutama merupakan sebagai persembahan akhir KM HIMATA yang nantinya akan jarang bertemu dengan mereka..

Pada awalnya,  kegiatan arak-arakan yang akan dilakukan KM HIMATA mendapat banyak tantangan dan juga larangan. Mulai dari Manager Hotel, pihak Sivitas akademika  Fakultas Teknik bahkan staf keamanan pun melarang diadakannya kegiatan ini. Akan tetapi,  semangat mahasiswa pertambangan tidak kendur dan rasa   Semangat mereka justru semakin besar dan semakin berkobar.

"Arak-arakan itu seperti apresiasi akhir kepada kakak-kakak tingkat dan perwujudan gagak hitam.  karena gagak hitam melambangkan kesetiaan kebersamaan dan melambangkan  tau tempat pulang harus kemana. Satu disentuh semua bakal turun.  Arak-arakan tahun ini meriah hanya saja langkah mahasiswa  semakin dibatasi", tutur Setiawan selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Pertambangan 2018/2019.

kegiatan dimeriahkan dengan suara nyanyian   riang gembira dilengkapi dengan instrumen musik yang dibuat dengn kreatif oleh Mahasiswa jurusan teknik pertambangan .  Alat musik yang digunakan berupa drum,  tabuhan gendang dan lain sebagainya. Selain itu,  ada banyak sekali properti yang semakin memeriahkan acara tersebut.  Beberapa diantaranya adalah poster dan suasana semakin meriah dengan adanya maskot tambang yaitu Gagak Hitam.

"Gagak Hitam melambangkan sistem Kekeluargaan dari HIMATA. Jika ada satu orang diusik maka  semuanya akan bersatu dan saling membantu.  sehingga  gagak hitam memiliki sifat keluargaan yang dapat ditiru",  ucap Luchas selaku Wakil Ketua Himpunan  jurusan teknik Pertambangan 


"Terimakasih banyak atas partisipasi adik-adik.  Kalian sangat luar biasa. Mungkin hari ini adik - adik yang melakukan arak-arakan,  semoga suatu saat nanti kalian yang akan di arak-arakan juga, tetap solid selalu dan cepat menyusul kami dan nantinya bersama-sama membangun teknik pertambangan", ujar M. Arief hidayatullah sebagai salah satu wisudawan.

"Mantap,  kalian membuat abang bangga dan makin bangga, tetap berlanjut dan tidak berhenti. Harapannya supaya lebih lengkap dan lebih merangkul lagi", ungkap Dedi Johannes Sagala S. T.





1 komentar:

FIELD TRIP HIMATA SC - PERHAPI

  KEGIATAN FIELD TRIP PERHIMPUNAN AHLI PERTAMBANGAN INDONESIA (PERHAPI) UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG Gambar 1.1 Kapal Keruk 21 SINGKEP...